How the role of the creative community to build local branding in the creative economy

Perkembangan dunia saat ini bergerak begitu cepat. Hal tersebut bukan hanya terjadi pada perubahan dan perkembangan teknologi tetapi juga pada kehidupan sosial. Selasa 8/12 dalam kesempatan IdeTalk berdiskusi tentang “How the role of the creative community to build local branding in the creative economy“. Di mana hal tersebut akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakat suatu daerah dan lingkungan alamnya.

Kehidupan sosial ini mengharapkan keterbukaan dalam segala aspek. Maksud keterbukaan tersebut yaitu membuka seluas – luasnya peluang bagi masyarakat untuk terlibat dalam mewujudkan peradaban, kehidupan manusia yang menuju pada yang lebih baik. Pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang inklusif menjadi salah satu syarat dan komponen yang yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan kehidupan demokrasi yang lebih baik. Terlebih lagi jika dihubungkan dengan SDG’s yang ditetapkan oleh PBB dan juga diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia, maka mengimpelementasikan kehidupan yang lebih terbuka untuk peran serta masyarakat dalam berbagai aspek menjadi hal yang wajib bagi seluruh komponen masyarakat.

Hal penting dalam SDG’s yang total ada sekiar 17 poin adalah peran serta masyarakat dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik, pembangunan serta membuka ruang publik bagi masyarakat.

Ruang publik tersebut bisa diwujudkan dengan membuka ruang agar masyarakat bisa berkreasi melalui komunitas. Dalam mendukung SDG’s peran komunitas cukup besar pengaruhnya. Komunitas bisa dijadikan salah satu stakeholder yang fokus pada bidangnya dalam rangka membantu pemerintah untuk mewujudkan SDG’s tersebut termasuk dalam membangun ekosistem ekonomi yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Dalam kehidupan sosial tidak bisa terlepas dari kehidupan ekonomi. Bagaimana kehidupan sosial bisa berjalan dengan baik yang didukung oleh kehidupan ekonomi yang juga baik berdasarkan kearifan lokal yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Local Branding merupakan hal yang dianggap penting dan perlu menjadi perhatian. Hal ini akan mempengaruhi siklus produksi disuatu daerah tertentu yang berpengaruh terhadap keberlangsungan ekosistem ekonomi, sosial dan juga lingkungan tersebut.

Peran komunitas kreatif yang memiliki perhatian dibidangnya diperlukan untuk men-drive agar arah local branding sesuai dengan track-nya. Peran komunitas kreatif yang memberikan edukasi dan pendampingan terhadap masyarakat agar mereka sadar akan potensi daerahnya sehingga mereka mengembangkan yang ada dan yang menjadi kelebihan daerahnya. Kemudian hal tersebut akan menjadi identitas lokal yang berbasis kearifan dan lokalitas daerah tersebut. Keberadaan Komunitas Kreatif menjadi penting dalam hal ini, agar kehidupan sosial dan pembangunan bisa berkelanjutan sesuai dengan SDG’s.

Editor: Zazat Zenal Mutakin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *