Upaya Menebar Dampak Sosial;Geliat Aksi Literasi di Masa Kini

Dingin. Kata ini mempunyai dua makna dalam judul tulisan ini. Pertama, kata dingin bermakna dingin udaranya. Dan yang kedua, dingin sikap warganya terhadap isu-isu selain agama. Tapi itu dulu, sekarang nampaknya tidak lagi seperti itu. Kini, masyarakat Cipanas sudah tak dingin lagi dengan isu-isu selain agama yang ramain diperbincangkan.

Rupanya, ‘kedinginan’ warga Cipanas perlahan mulai sirna, salah satu buktinya yaitu dengan munculnya suatu aksi nyata untuk peduli terhadap isu yang ramai di negeri ini kini, isu literasi.
Warga Cipanas, yang berada di kaki gunung Gede dan Gunung Pangrango salah satu kota di pinggiran ibu kota, tepatnya berada di Cianjur Utara yang dingin udaranya,  kini tak lagi dingin terhadap isu literasi.

Beberapa pemuda sebagai penggeraknya ikut ambil bagian untuk meningkatkan kesadaran literasi di tengah-tengah masyarakat Cipanas dengan segala tantangannya di era milenial kini.

Berawal dari kepedulian sosial terhadap generasi pengganti, seperti anak-anak yang kurang beruntung untuk mendapatkan pendidikan yang layak, yang kurang beruntung untuk merasakan bagaimana rasanya kehangatan sesuatu yang disebut keluarga hingga akhirnya muncul suatu gerakan sadar literasi dengan membentuk Taman Baca. 
Aksi peduli literasi pemuda-pemudi ini perlu diapreasiasi. Agar masyarakat kita terbuka cakrawalanya, bukankah buku adalah jendela dunia, meski jargon tersebut sudah mulai tersisihkan dengan adanya kemajuan teknologi. Tetapi bicara literasi, bukan hanya tentang buku, tetapi salah satunya adalah buku, serta selanjutnya adalah bahan bacaan lainnya.

Perjalanan aksi peduli literasi yang meraka lakukan ini memang tidak selalu mulus. Namun aksi peduli literasi ini tetap ada, tetap berdiri hingga kini.

Long Life Learning, itu moto taman bacanya, Taman Baca Binar saya menyebutnya. Sebuah gerakan peduli literasi pemuda – pemudi dari yang dingin, Cipanas.

(sumber gambar: fanspage Taman Baca Binar di Facebook.)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *